• Sipakah Kita....????

    Siapakah kita

    Saudara ku semua.....

    Dalam hidup ini, secara teori kita disebut dengan "Manusia", tapi.... apakah kita mengerti apa arti dari manusia tersebut ?, mungkin secara fundamental kita hanya bisa menjawab " Ya kita ini ya manusia atau orang."......

    Tapi tahukah anda bahwa kata "Manusia" memiliki arti yang sangat luas, dan sebagian dari kita ada yang mengartikan dari segi bahasanya, kalau yang namanya "Manusia" adalah:

    Terdiri dari berbagai unsur kata,yang memiliki arti yang sangat luar biasa.Contoh......, Diantara sebagian orang mengartikan kata manusia terdiri dari kata "Man" dan "Nusia". Man itu diartiakan dengan "Orang" dan Nusia diartikan dengan "Lalai" atau dalam artian lengkap adalah : "Manusia (Orang) adalah tempatnya lalai atau lupa. Dan kalau diteliti secara seksama ternyata benar, Bukankah kita dalam mengarungi hidup ini selalu saja lalai,lupa, bahkan tidak ingat dengan norma,adat,bahkan dasar agama sebagai landasan hidup.

    Bahkan diceritakan dalam kisah penciptaan manusia itu sendiri, kalau pada masa kita dalam kandungan ibunda, pada saat itu kita dihadapkan (Muwajjahah) dengan Beliau Sang Maha Pencipta, dengan sebuah "Janji" kalau kita mengakui bahwa Beliau adalah "Dzat yang satu yaitu Robb, Tuhan Yang menciptakan Kita Semua".

    Namun setelah kita lahir........

    Ingatkah kita dengan peristiwa tersebut...........????????

    Bahkan sampai sekarangpun kita tidak mampu mengingatnya, sedikitpun tidak....!!!!!

    Lupa......., Lalai...........

    Itulah kita "Manusia", dan itu merupakan "PR" bagi kita, untuk kita dapat kembali kepada-Nya. Dimana kita diCipta dan dimana kita berasal.


    Sebagian lain mengartikan dengan bahasanya, kata Manusia terdiri dari kata "Mana" dan "Nusia", dengan artian "mana nu sia" atau dalan bahasa "Mana punya kamu"..?????

    Sedikit gambaran buat kita, itu adalah sebuah pertanyaan sederhana, tapi memiliki arti yang sangat dalam. dan kita belum tentu sanggup untuk menjawabnya.

    Secara teori memang mudah, tinggal kita jawab saja : " Ya memang semua milik Dia Sang Maha Hidup" dan kita tidak memiliki apa apa.

    Sebuah pertanyaan buat kita, lalu Nama,jabatan, dan semua yang merasa kita miliki, adalah milik siapa???

    Lalu kenapa tatkala di panggil orang kita merasa bahwa nama itu milik kita..?????

    Atau tatkala yang dirasa milik kita lenyap dari genggaman kita merasa milik kita yang hilang...???

    Bukankah semua adalah Milik-Nya,Dzat yang Maha Memiliki....

    Dari banyak pertanyaan diatas, kita balik bertanya, lalu mana milik kita?, siapa diri ini?, dari mana kita berasal ?, untuk tujuan apa kita diciptakan?, kemana kita akan kembali?, dan banyak tanda tanya besar dibenak kita,yang menjadi PR untuk kita selesaikan.

    Saudaraku semua..............

    Untuk menjawab semua itu, kita harus kembali kepada diri sendiri, karena semua pertanyaan itu berasal dari diri ini. kita harus "Back to Basic", kembali pada dasar kita hidup.

    Kenalilah diri ini, untuk kita bisa menjawab semua pertanyaan diatas. karena hanya dengan mengenal diri ini semua kunci akan terbuka untuk semua jawabanya.

    Mari kita belajar mengenal diri ini lebih jauh, agar kita bisa mengenal-Nya, karena hanya dengan mengenal-Nya sajalah semua permasalahan ini akan terungkap dengan sendirinya. Karena semua Berawal dan ber akhir dari-Nya.

    "HUWWAL AWWALU, WAL AKHIRU, WAD DZOHIRU, WAL BATHIN. WAHUWWA 'ALA KULLI SYAI'IN QODIR".

    Dan hanya dengan mengenal diri ini kita kan bisa mengenal-Nya dia Dzat yang Maha Sempurna

    "MAN AROFA NAFSAHU FAQOD AROFA ROBBAHU"

    Saudaraku semua........

    Masih banyak lagi artian dari kata manusia,namun saya sengaja hanya mengutip beberapa darinya saja.Dan semoga bisa bermanfaat.


    Akhirnya, saya yang dzoif, berujar maaf bila apa yang saya tuliskan tidak berkenan dihati dan dengan keyakinan anda semua.

    Semoga Allah mengampuni segala dosa kita, Amiin.

    Penulis,

    Wahid Abdul Ghonny



     

    No responses to "Sipakah Kita....????"

    Leave a reply

    Silahkan sertakan komentar anda disini